Saturday, January 07, 2012

New Year's Eve

Saya biasanya menghabiskan waktu di hari Sabtu untuk mengerjakan pekerjaan di kantor, tapi Sabtu yang ini, entah kenapa saya tidak ingin menyelesaikan pekerjaan itu. Saya biarkan semuanya tetap berserakan di file-file komputer saya, berharap mereka bisa menyelesaikan masalah mereka sendiri dan di hari Senin sudah bisa menyambut saya dalam keadaan rapi.. *ngimpi*

Lalu saya menelusuri situs 21cineplex dan memutuskan untuk menonton film ini. New Year's Eve. Ah, belum telat-telat banget kan? Baru kelewat 1 minggu. Dan ada Jon Bon Jovi disini. Eh terus ditambah lagi ada Zac Efron. Ah, pokoknya mau nonton ini. Titik. *ngacir ke Setiabudi*

Mau nonton sama siapa,Yu? Ya sendirilaaaaah, kaya gak biasanya.. :D *monolog*




Dari awal, saya sudah bisa membayangkan plot seperti apa yang akan dimiliki film yang disutradarai oleh Garry Marshall ini. Sama seperti filmnya yang lain, Valentine's Day, film ini sama-sama mengambil moment special untuk menceritakan berbagai kisah yang dimiliki beberapa orang/pasangan, juga sama-sama mengusung banyak nama besar didalamnya. 


Dan inilah spoiler dari saya. Buat yang berminat untuk nonton dan gak suka sama spoiler, jangan baca yaaa... :D

Salah satu kisahnya, seorang wanita, Ingrid (Michelle Pfeiffer), yang sudah bekerja cukup lama di sebuah perusahaan rekaman, lalu mendadak mengundurkan diri karena kecewa dengan bos, meminta tolong salah satu kurir di kantornya, Paul (Zac Efron), untuk memenuhi berbagai macam wish-list miliknya yang rasanya tidak mungkin dilaksanakan semuanya dalam waktu 1 hari. Kakak perempuan Paul, Kim (Sarah Jessica Parker), sedang repot dengan keinginan anaknya, Hailey (Abigail Breslin), yang ingin menghabiskan malam tahun barunya dengan teman-temannya, terlebih dengan pacar pertamanya, Seth (Jack T. Austin). Ketika Kim melarang, maka Hailey memilih untuk kabur dan pergi tanpa izin.


New York Times Square. Ada Claire (Hillary Swank), seorang vice-president dari Times Square yang akan mengadakan tradisi penaikan dan penurunan bola besar di malam tahun baru. Namun, ternyata saat penaikan bola, tidak semulus seperti tahun-tahun sebelumnya. Bola besar itu stuck ditengah perjalanannya menuju puncak Times Square. Untung ada sahabatnya, Brandon (Ludacris), yang akhirnya memberikan solusi untuk menghubungi Kominsky (Hector Elizondo), karyawan senior satu-satunya yang bisa mengatasi kerusakan bola tersebut.


Pesta malam tahun baru oleh Ahern Records. Menghadirkan Jensen (Jon Bon Jovi), penyanyi solo pria yang sedang naik pamor. Ternyata, kepala catering di pesta tersebut adalah Laura (Katherine Heigl), mantan pacar Jensen. Jensen sengaja ingin memanfaatkan momen malam tahun baru ini untuk meminta Laura kembali padanya. Sementara Jensen sibuk dengan Laura, salah satu penyanyi latarnya, Elise (Lea Michelle), terjebak di lift apartemen-nya bersama seorang ilustrator bernama Randy (Ashton Kutchen). Mati lampu menyebabkan lift tidak berfungsi ditambah lagi sinyal yang tidak mau singgah di lift tersebut. Padahal Elise sangat ingin menyanyi bersama Jensen agar mendapat kesempatan untuk ikut tur keliling dunia bersama Jensen. Sementara itu, anak dari pemilik Ahern Records, Sam (Josh Duhamel), sedang harap-harap cemas karena masih terjebak macet di jalan, ditambah lagi dilema pribadi untuk menemui seseorang yang special di malam yang special juga.


Rumah Sakit. Stan (Robert DeNiro), yang merasa sudah dekat dengan ajalnya, hanya ditemani oleh perawat jaga, Aimee (Halle Berry) yang semalaman terus berada di samping Stan. Di bagian lain, ada 2 pasang suami istri Griffin (Seth Meyers) - Tess (Jessica Biel) dan James (Til Schweiger) -  Grace (Sarah Paulson) yang sedang menanti kelahiran anaknya.


Cerita bergulir dengan manis, berhubungan satu sama lain tanpa terduga, konflik yang tidak terlalu dalam membuat beberapa penonton sedikit mengeluhkan jalan ceritanya. Belum lagi banyak titik-titik dari cerita yang mudah tertebak.


Buat saya?


Saya menyukai short speech dari Claire, tentang bagaimana bola yang macet berjalan ke atas Times Square itu seperti layaknya hidup manusia. Sebelum melaju ke atas, mungkin ada baiknya kita harus berhenti. Bukan untuk mundur tapi untuk menyadari. Menyadari keadaan sekitar, keadaan di masa lalu, dan mengambil pelajaran-pelajaran berharga untuk masa depan kita.


Saya juga tersentuh dengan Aimee, yang berdandan cantik mengenakan gaun yang sangat manis, pulang ke rumahnya, dan ternyata dia sengaja berpakaian sangat bagus bukan untuk menghadiri sebuah pesta, tapi untuk melakukan video call dengan suaminya yang sedang berperang entah dimana.


Banyak adegan lain yang membuat saya tersenyum juga tertawa. Jangan hiraukan akting dari mereka yang sedikit kaku. Abaikan juga jika merasa peran mereka terlalu kecil dibandingkan dengan nama besar mereka di dunia film. Nikmati saja kalimat-kalimat sederhana yang menggugah, adegan-adegan manis diantara hiruk pikuk malam tahun baru, juga kasih sayang dalam berbagai macam cara.


Dan dengan cara itu, saya menyatakan puas atas film New Year's Eve.


4 bintang dan hati yang tersenyum.. :)


-Setiabudi, Jan.07.2012-
*celingukan gak ada temen*

5 comments:

ijul (yuliyono) said...

hmmm....hmmm....tetep, yg keren itu Zac Efron-nya, hahaha... #akting.nya yaaa...

eeh, aku baru nyadar klo Hailey itu Abigail Breslin di tengah-tengah film. Mikir terus siapa tuh yang maen, terusss....aaahhh, baru kepikiran itu kan si Little Miss Sunshine...:)

AyuYudha said...

hehehe, iyaa..
Zac Efron mainnya keren..

sama Jul, aku juga pas Hailey mau kabur itu baru sadar kalo yang main ya si Abigail itu.. :p

sweetdhee said...

kamuuu, makanya ngajak2 kalo nontoooon... jangan sendirian ajaaaa

AyuYudha said...

hoahaha, ada yang mau diajak jugaaaa?
takutnya kan udah ada yang nemenin gituuuu.. *uhuk* *keselek taksi* :D

sweetdhee said...

ahahaha.. *bekep pake taksi*