Wednesday, August 04, 2010

Nights In Rodanthe

Nicholas Sparks
Adrianne terbiasa hidup untuk keluarganya. Untuk suaminya, juga anak-anaknya. Saat sang suami meninggalkannya demi wanita lain, Adrianne bukan hanya kehilangan suaminya. Tapi Adrianne kehilangan semangat dan hidupnya. Tertinggalkan bersama anak-anak mereka yang tentunya juga kehilangan figur keluarga yang utuh. 

Paul terbiasa hidup untuk pekerjaannya. Untuk keluarganya, melalui pasiennya. Saat ia banyak meninggalkan momen bersama keluarganya dan sang istri menyerah, barulah Paul sadar. Ditambah dengan kematian salah satu pasiennya, membuat Paul ingin memperbaiki hubungannya dengan keluarganya. 

Adrianne ditakdirkan bertemu dengan Paul untuk berbagi kasih sayang. Untuk saling menyadarkan bahwa masih ada sesuatu yang bisa mereka raih. Untuk saling mengetahui bahwa masih ada orang yang peduli pada hidup mereka. Untuk saling mengingatkan bahwa mereka masih pantas mendapatkan cinta dan kasih sayang yang sebelumnya telah ditelan habis oleh kehidupan. Juga saling membantu untuk berdamai dengan hidup lama yang selama ini masih saja mengintip dari balik punggung kehidupan mereka.. 

Saya tidak pernah berada dalam posisi Adrianne sebelumnya. Namun saya menghabiskan waktu remaja saya untuk melihat seseorang dalam posisi seperti Adrianne. Setelah hidup lama menghancurkan impiannya, pertemuan dengan seseorang yang istimewa memang mampu membuat hidupnya yang hampir hancur kembali berseri. Wajah yang nampak lebih cantik, bahasa tubuh yang menjadi lebih halus, tawa yang semakin sering terdengar juga mata yang entah mengapa bisa nampak lebih bersinar. Tak pernah terbayang jika ia harus mengalami ending yang sama dengan Adrianne di buku ini. 

Kehilangan memang hanya bisa ditolerir dengan kembali mendapatkan, 
bukan mendapatkan kembali..
Apa yang sudah hilang, tentu sudah tidak seharusnya diratapi.
Jangan takut akan kehilangan..
Karena semua yang tidak akan kembali,
masih akan membentuk kenangan untuk menetap dalam dirimu.
Ambillah cahaya positif dari semuanya untuk kau pancarkan kembali.
Untuk hidupmu, juga untuk hidup orang terdekatmu..
 

Kuningan, 08.04.10 
-ayu, berteman kopi-

No comments: