Tuesday, February 07, 2012

KopDar Regional Jakarta


Tanggal 28 Januari, saya menerima pesan pendek dari teman saya, Eross. Dia memberitahukan saya, bahwa dia dan teman-teman yang lain akan mengadakan KopDar pada hari Minggu, di Museum Bank Mandiri.
“Kalo gak sibuk, dateng ya. Sudah lama gak ngumpul kan?”
Saya kaget. Betul juga apa kata dia. Akhirnya, saya memutuskan untuk berkumpul dengan mereka dan melakukan ritual “bersyukur dan berbagi mimpi” bersama-sama.
Pada hari yang ditentukan, akhirnya kami berkumpul dan membentuk lingkaran besar seperti ini.
Acara pertama, Kenalan. Biarpun sudah kenal dan hampir bosan, semuanya tetap wajib menyebutkan Nama, Domisili dan Kesibukan sekarang. Soalnya, pasti ada saja yang domisili-nya berubah, atau baru pindah kerja. Dan karena orangnya lumayan banyak yang dateng, buat ngumpulin mereka aja, udah butuh waktu hampir 1 jam. Ada yang datang langsung dari luar kota loh. Hebat yah?
Sesudah kenalan yang biasa itu, saatnya berbagi Kutipan Inspirasi. Disini, saya dan lainnya diwajibkan untuk memberikan Kutipan minimal satu kutipan yang positif dan dapat memberikan inspirasi bagi teman lainnya. Banyak sekali kutipan dari mereka yang ciamik *alah, bahasanyaa..* ini beberapa diantaranya yang menurut saya paling menarik, semuanya Anonim yaa. Mungkin sudah sering dilihat di banyak situs, hanya saja saya tidak hapal ini kutipan milik siapa. :)
“Hiduplah seperti tukang parkir, tidak akan menangis ketika kendaraan-kendaraannya diambil. Karena ia tahu, kalau mobil tersebut hanya titipan.”
“Kita akan bahagia bukan karena memiliki banyak hal, tapi kita bisa bahagia karena tidak membandingkan apa yang kita miliki dengan milik orang lain”
“Kalo kamu tidak bisa menjadi pensil yang mampu menuliskan bahagia, minimal jadilah penghapus yang bisa menghilangkan duka”
“Mimpi-mimpi itu bukan serta merta kita berusaha, lalu terwujud begitu saja, tapi Allah akan memberikannya lewat kejutan-kejutan indah yang tidak terduga”
“Jangan terlalu percaya dengan kata BE YOURSELF, ubahlah menjadi  BE (A BETTER) YOURSELF”
Lalu berikutnya, berbagi Syukur Dalam Hidup. Jadi, masing-masing orang dipersilakan untuk membagi rasa syukurnya atas sesuatu yang baru diperoleh dalam hidupnya. Misalnya, baru dapat uang bonus, atau baru dapat kerjaan baru, atau mau menikah. Tidak bermaksud untuk sombong, tapi dengan berbagi rasa syukur, siapa tahu membuat teman-teman lainnya bisa lebih termotivasi dalam berusaha meraih cita-cita dan mimpinya masing-masing.
Meski sudah diajak bersyukur, yang namanya manusia pasti masih punya keinginan lain yang belum tercapai. Jadi, kami semua juga berbagi Impian. Tanpa rasa malu, semuanya membauar dan mnyuarakan mimpinya masing-masing. Siapa tahu, teman lainnya bisa memberikan jalan atau ide bagaimana mewujudkan impian teman lainnya. Menarik, ada 5 orang yang dengan terbuka mengatakan ingin menikah di tahun ini, meskipun mereka belum punya pacar. Saya mengungkapkan bagaimana saya ingin memiliki usaha di rumah sehingga tidak perlu kerja kantoran lagi saat saya sudah menikah nanti.. :D
Yang terakhir, tentu saja yang paling seru. Ngumpulin receh. Saya dan teman-teman lainnya, sudah berkomitmen pada diri kami sendiri, untuk mengumpulkan recehan kami setiap harinya, lalu mengumpulkannya setiap bulan dan dimanfaatkan untuk membantu orang lain. Cewek-cewek membawa recehan lengkap dengan celengannya, sedangkan yang cowok karena kebanyakan malu membawa celengan, mereka biasanya sudah menukar uang mereka dengan uang kertas terlebih dahulu agar mudah dibawa. Ini gambar recehan kami pas lagi dihitung. Banyak kaaan?
Sesudah menghitung “penghasilan” kami bulan ini, kami sudah boleh ketawa-ketiwi sesuka hati dan cerita hal-hal yang tidak penting lainnya. Kebetulan karena masih banyak yang belum pernah masuk ke dalam Museum Bank Mandiri, kami sedikit saja mengitari untuk melihat-lihat. Karena waktu yang sudah sore dan banyak yang masih memiliki kegiatan lainnya, maka kamipun berpose bersama sebelum berpisah.
Rasanya senang bisa berkumpul dengan mereka. Orang-orang yang masih selalu mau menyisihkan sedikit dari apa yang mereka punya. Meskipun yang mereka punya, tidak bisa dibilang berlebih juga. Sebagian dari mereka, bahkan masih kuliah. Receh yang kami kumpulkan, benar-benar receh yang bisa kami sisihkan, tanpa ada target ataupun minimal yang harus kami penuhi.
Ah, terima kasih teman. Kalian selalu saja mampu membuat saya bersyukur tanpa harus melihat ke bawah. :)
Salam receh!!
Kutipan: diambil dari catatan milik Andra.
Foto: diambil dari koleksi pribadi milik Ria dan Eross.

No comments: